Inis Unsaroh

Guru Bahasa Inggris yang sedang belajar menulis...

Selengkapnya
Penantian Yang Berbuah Manis (1)

Penantian Yang Berbuah Manis (1)

Penantian Yang Berbuah Manis ( 1 )

Oleh : Inis Unsaroh - Guru SMPN 1 Turen

Di penghujung Ramadan atau tepatnya hari ke 26 di bulan penuh berkah ini tidak seperti hari-hari biasanya karena pada hari Senin, 11 Juni 2018 pada pukul 06.27 pagi pecahlah suara tangisan seorang bayi dari ruangan operasi salah satu RSIA di Malang dengan berat badan 2,7 kg dan panjang 48

Alhamdulillah,,, atas semua nikmat dan rezeki yang telah Allah berikan pada kami sehingga penerus keluarga kami bisa lahir dengan selamat dan sehat meskipun mengalami sedikit proses yang membuat cemas dan kekhawatiran.

Kehadiran seorang anak sangatlah di nantikan bagi kedua orang tuanya, pelengkap kebahagiaan orang tua dan hasil dari buah cinta serta kasih sayang kedua orang tuanya. Anak adalah pelipur lara kedua orang tuanya dari rasa letih, lelah dan juga tumpuan kasih sayang.

Kita semua berharap bahwa anak yang kita lahirkan bisa menjadi :
1. Perhiasan Dunia ( Ziinatun Hayat ) seperti yang tertulis dalam Al-Quran surah Al-Kahfi ( Q.S. Al Kahfi 18 : 46 )

أَلْمَالُ وَالْبَنُوْنَ زِيْنَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِندَ رَبِّكَ ثَوَاباً وَخَيْرٌ أَمَلاً

Artinya : “Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.”

Dimana kedua orang tua sangat senang dan bangga dengan berbagai macam kegiatan positif sang anak dan bisa memberikan prestasi serta membawa nama baik kedua orang tuanya.

2. Penyejuk Hati ( Qurrota A'yun )
Seperti yang bisa kita lihat dalam surah Al Furqaan ( QS Al Furqaan 25 : 74 )

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَاماً

Artinya : “Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa”

Sebagai Qurrata a’yun (penyejuk hati kedua orang tua).Anak yang terbaik yang bisa menyenangkan dan menyejukkan hati kedua orang tuanya, Anak yang selalu menurut pada perintah orang tuanya.

Tetapi tidak dapat kita pungkiri bahwa anak juga bisa menjadi :

1.Ujian ( Fitnatun ) bagi orang tuanya seperti yang tertuang dalam surah Al Anfaal 8:28

وَاعْلَمُواْ أَنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلاَدُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ اللهَ عِندَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ

Artinya : ” Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar”.

Sebagai Fitnatun (fitnah/cobaan) Fitnah yang bisa terjadi pada orang tua jika anak-anaknya terlibat dalam perbuatan perbuatan yang melanggar agama dan norma-norma kehidupan dalam masyarakat sehingga membuat orang tuanya susah.

2. Musuh ( ‘ADUWWUN )
Hal inilah yang sangat mengkhawatirkan bagi orang tua kalau ternyata musuh kita adalah anak kita sendiri seperti yang sudah tertulis dalam surah At Taghaabun 64 : 14

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ وَأَوْلَادِكُمْ عَدُوّاً لَّكُمْ فَاحْذَرُوهُمْ وَإِنْ تَعْفُوْا وَتَصْفَحُوْا وَتَغْفِرُوْا فَإِنَّ اللهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya : “Hai orang-orang mu’min, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Sebagai ‘Aduwwun ( musuh orang tuanya) karena bisa menjerumuskan orang tua untuk melakukan perbuatan - perbuatan yang melanggar agama atau menggiring kedua orang tuanya ke neraka.

Semua ayat atat yang tertulis di atas sudah banyak terbukti di kehidupan nyata.
Sebagai orang tua kita mendo'akan semua yang terbaik untuk anak-anak kita.

Teriring do'a tulus untuk cucu pertama penulis Keyandra Albi Firmansyah semoga tumbuh menjadi anak yang sehat jasmani dan rohani,berakhlaqul karimah, berbakti pada kedua orangtua, taat menjalankan ibadah, takut pada Sang Khaliq Allah SWT serta memiliki intelegensi yang tinggi... Aamiinn

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah sangat mencerahkan

13 Jun
Balas

Terima kasih....

13 Jun

Alhamdulillah, Barokallah semoga menjadi anak yang membanggakan orang tuanya, Amiin

13 Jun
Balas

Alhamdulillah... Aamiinn... terima kasih

13 Jun

Aamiin ...

13 Jun
Balas

Terima kasih Pak....

13 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali