Inis Unsaroh

Guru Bahasa Inggris yang sedang belajar menulis...

Selengkapnya
Balita dan Gadget

Balita dan Gadget

Balita dan Gadget

oleh : Inis Unsaroh - Guru SMP N 1 Turen

Kehadiran seorang anak atau keturunan adalah sebuah anugerah, rezeki yang tak terhingga dari Allah SWT. Kehadiran nya sangat di tunggu tunggu dan di harapkan oleh seluruh anggota keluarga karena keturunan atau anak yang akan meneruskan dinasti suatu keluarga.

Kelahiran seorang anak yang sangat di nantikan seharusnya kita syukuri dengan mendidik sebaik baiknya sesuai ajaran agama dengan memberikan bekal agama sedini mungkin karena pada usia balita otak mengalami perkembangan yang sangat bagus dan kita kenal dengan ''The Golden Age'' dan pada masa ini balita harus mendapatkan stimulasi secara menyeluruh yaitu berupa gizi, kesehatan, dan pendidikan yang bagus.

Pertumbuhan anak bukanlah proses alami, orang tua sangat berperan untuk membangun struktur dan memberikan pondasi agama yang kuat bagi si anak, agar tumbuh menjadi sosok yang kuat dan berakhlakul kharima. Sayangnya di era gadget seperti ini banyak dari orang tua mempercayakan pendidikan anaknya dengan memberikan gadget pada usia dini.Mereka tidak menyadari dampak negatif dari gadget

Bukanlah pemandangan aneh di era sekarang ini kebanyakan balita sudah menggenggam smartpone yg kadang ukurannya lebih besar dari tangan mungilnya. Waktu mereka di habiskan bermain dengan gadget yang dampak negatif nya bisa mempengaruhi otak di samping itu juga merugikan perkembangan sosial emosional mereka.

Gadget juga mengurangi interaksi antara ibu atau orang tua dan anak, dan itu penyebab kesulitan anak untuk bicara dan mengalami keterlambatan dalam berbahasa atau interaksi dengan sekitarnya.

Bagaikan dua mata sisi, gadget juga bisa memberikan dampak positif bagi balita, yaitu dengan memperdengarkan murotal, alunan ayat - ayat suci Alqur'an. Dan kita yakin hal tersebut justru bisa menenangkan jiwa sang balita.

Karena anak adalah anugerah, amanah, titipan dari Allah SWT yang kelak akan di minta pertanggungjawaban nya maka dari itu kita wajib merawat, mendidik dan kita beri bekal ilmu agama agar anak punya rasa takut terhadap Sang Khaliq.




DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Positive bagi ortu yg benar benar ingin merangsang memori balita dg melantunkan ayat ayat suci alQuran..

15 May
Balas

Keinginan unt calon cucu...

15 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali